8 Cara Mudah Ini Mampu Meningkatkan Produktivitas Anda



Jika Anda pernah menemukan atau mengenal orang yang berhasil mendapatkan banyak pencapaian setiap hari, mereka bukanlah manusia super. Sebagian dari mereka memiliki tingkat produktivitas yang tinggi secara alami, sementara yang lain melatih diri agar produktif menjadi sebuah kebiasaan dalam menyelesaikan pekerjaan mereka.

Produktivitas adalah kombinasi dari perencanaan yang cerdas dan usaha yang terfokus. Kemampuan ini membantu Anda untuk bekerja dengan cepat dan efisien sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal. Tantangannya adalah bagaimana cara untuk tetap produktif saat bekerja baik di toko maupun di rumah.

Anda bisa mengukur tingkat produktivitas Anda setiap hari saat waktu bekerja Anda berakhir, jika Anda tidak puas dengan apa yang telah Anda capai kemungkinan besar Anda kurang produktif melakukan pekerjaan Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena produktivitas dapat terus ditingkatkan dengan cara mudah berikut ini.

1. Percayakan tugas kepada orang lain dan teknologi
Semua orang membutuhkan bantuan dan akan lebih baik jika tidak melakukan tugas besar sendirian. Hambatan terbesar untuk mendapatkan bantuan yaitu, kepercayaan.

Untuk mendapatkan bantuan dari orang lain, Anda perlu mempercayai rekan bisnis atau karyawan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Pastikan untuk memberi tahu mereka batas waktu pengerjaan sehingga kemungkinan besar mereka akan menanggapinya dengan serius. Jangan lupa untuk memberi karyawan Anda semua sumber yang dia butuhkan seperti tahapan pengerjaan atau dokumen yang relevan untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Selain mempercayakan pekerjaan kepada karyawan, Anda juga bisa mempercayakan pekerjaan Anda kepada bantuan teknologi. Saat ini perkembangan teknologi semakin canggih, banyak sistem atau teknologi yang dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis. Salah satunya aplikasi kasir (point of sale) yang membantu Anda mengelola bisnis mulai dari data transaksi, stok, hingga laporan kas dan penjualan secara lengkap.

Mudahkan pekerjaan Anda baik dengan bantuan orang lain maupun dengan menggunakan teknologi. Jika Anda kurang percaya atau ragu, kemungkinan besar Anda akan melakukan semua pekerjaan sendiri dan memperlambat pekerjaan Anda lainnya.



2. Batasi waktu Anda untuk pertemuan yang kurang perlu
Waktu adalah hal penting dalam hidup Anda. Meskipun tergoda untuk bertemu dengan banyak orang demi memperluas jaringan, waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda sangat berharga. Ketahui pertemuan mana yang perlu untuk Anda hadiri atau Anda tolak.

Sebagai pemilik bisnis, mungkin Anda memiliki banyak permintaan untuk rapat setiap saat. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu menyiapkan waktu khusus untuk menghadiri pertemuan misalkan dan gunakan sisa waktu Anda untuk fokus pada pekerjaan yang harus Anda selesaikan.

Menurut penelitian, sebagian besar orang menghabiskan banyak waktu dalam pertemuan karena kurang fokus terhadap inti pertemuan atau sulit menentukan keputusan. Untuk itulah perlu untuk mengetahui apa inti dari pertemuan dan apa keputusan yang harus diambil, agar pertemuan menjadi lebih efisien serta menghindari pertemuan selanjutnya untuk membahas hal yang sama.



3. Buatlah to-do list
Dalam mengelola sebuah bisnis, ada berbagai hal yang perlu Anda lakukan baik hal sederhana maupun hal yang kompleks. Agar semua pekerjaan terselesaikan dengan produktif, kerjakanlah hal yang lebih mudah terlebih dulu barulah melakukan hal yang lebih sulit.

Jika ada pekerjaan besar, maka bagilah menjadi beberapa tugas yang lebih kecil. Misalnya, jika Anda ingin membuat produk baru dalam toko Anda, buatlah poin-poin hal apa saja hal yang perlu Anda siapkan dan lakukan serta kapan produk Anda akan Anda rilis.

Buatlah daftar pekerjaan atau to-do list, tanggal kapan pekerjaan harus selesai (deadline) dan perkembangan setiap pekerjaan. Anda bisa menaruh daftar tersebut di meja kerja atau handphone agar dapat selalu Anda pantau kapan saja dan dimana saja.

Gunakan timer atau tanda pengingat pada setiap pekerjaan merupakan cara lainnya agar Anda tidak kehilangan fokus pada hal lain. Terkadang Anda bisa terlalu fokus pada satu pekerjaan sementara yang lain terbengkalai.



4. Sediakan waktu istirahat
Produktivitas tidak diukur dengan berapa jumlah jam Anda duduk di tempat kerja Anda. Hal ini diukur dengan berapa banyak yang dapat Anda lakukan tanpa mengorbankan kesehatan Anda.

Hindari duduk terlalu lama dan mulailah bergerak, caranya Anda bisa mempersingkat waktu pertemuan atau lakukanlah rapat dengan berdiri. Selain itu, sediakan waktu beristirahat sejenak saat menyelesaikan pekerjaan. Menurut para peneliti dari University of Michigan, tidur selama beberapa menit dapat membantu mencegah perilaku impulsif dan meningkatkan toleransi karena frustrasi. Temuan ini juga menunjukkan bahwa beristirahat sejenak dapat meningkatkan produktivitas Anda.


5. Tetapkan tujuan Anda
Jika Anda dapat menyelesaikan semua to-do list Anda dalam satu hari, Anda perlu membuat tujuan yang lebih ambisius. Buatlah tujuan untuk jangka waktu tertentu seperti selama 1 minggu, 1 bulan, 3 bulan atau 1 tahun. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Research, orang yang menetapkan tujuan lebih tinggi memiliki kecenderungan untuk lebih puas dibandingkan mereka yang memiliki harapan lebih rendah.

Salah satu alasan utama mengapa orang gagal mencapai tujuan adalah karena mereka tidak menetapkan tenggat waktu. Tujuan bisnis harus terbagi menjadi tujuan besar dan tujuan yang sangat spesifik serta harus Anda tuliskan.

Tujuan harus bersifat pribadi dan profesional. Luangkan waktu untuk membuat tujuan Anda dan tujuan bisnis jangka panjang serta tentukan tujuan-tujuan jangka pendek termasuk tenggat waktu untuk setiap tujuan.


6. Motivasi diri dengan hal-hal positif
Pastikan bahwa kegiatan yang sedang Anda lakukan saat ini adalah produktif. Tanpa Anda sadari terkadang Anda menghabiskan banyak waktu menggunakan media sosial atau terlibat dalam percakapan yang tidak relevan. Untuk itulah, Anda perlu membiasakan diri untuk menanyakan apakah hal yang Anda lakukan benar-benar produktif.

Sebaliknya, saat Anda mencapai tujuan, penting untuk memberikan penghargaan bagi diri sendiri sebagai bentuk motivasi diri. Hal ini bisa berupa kepemilikan material seperti barang yang sangat Anda inginkan atau jenis makanan tertentu yang Anda sukai bahkan melakukan kegiatan yang Anda inginkan. (Ketahui cara memotivasi diri lainnya disini)


7. Singkirkan hal-hal yang mengganggu Anda
Setiap orang memiliki gangguan yang berbeda-beda ketika menyelesaikan pekerjaan mereka, pertama kenali gangguan untuk menghindari hal-hal tersebut.

Saat ini hampir semua orang memiliki akun media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, LinkedIn, Pinterest dan masih banyak lagi. Sebagian dari mereka menghabiskan waktunya untuk melihat sosial media dan mengirim pesan online rata-rata 2 jam setiap hari. Tentu hal ini akan mengganggu produktivitas Anda maupun karyawan Anda saat bekerja.

Jika Anda merasa beberapa pekerjaan Anda tertunda karena gangguan tersebut, maka ingatlah selalu mana kegiatan yang menjadi prioritas Anda. Agar tetap produktif, cobalah menyediakan waktu kurang lebih 15 – 30 menit setiap hari khusus untuk membalas pesan online, menulis balasan e-mail serta mendapatkan update info melalui media sosial Anda.

Cara ini akan membantu Anda tetap fokus, menghindari kegiatan yang bukan prioritas Anda dan menyelesaikan pekerjaan sesuai rencana Anda.


8. Luangkan waktu untuk mempersiapkan hari esok
Tips ini adalah salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh pengusaha sukses. Awali dengan tidur lebih awal dan bangun lebih pagi agar Anda memulai hari dengan suasana hati maupun pikiran Anda menjadi positif. Hal ini akan membantu Anda menjadi lebih produktif menjalani hari Anda.

Salah satu tips yang menjadi kebiasaan para pengusaha sukses yaitu menyiapkan semua hal yang akan Anda lakukan esok hari. Mulailah dari pakaian yang akan Anda pakai, sarapan bahkan makan siang Anda, serta jadwal kegiatan Anda hari ini.

Jika Anda akan bertemu dengan rekan bisnis siapkan apa yang akan Anda bawa dan Anda kenakan. Jika ada pekerjaan yang harus Anda selesaikan, siapkan bahan-bahan dan segala keperluan Anda agar setiap hari dapat berjalan dengan produktif.

Yuk, mulailah hidup lebih produktif untuk mencapai kesuksesan yang Anda inginkan, bukan nanti atau besok, tapi mulailah sekarang.

sumber : http://blog.pawoon.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Jika Ada Yang Kurang Mohon Dikoreksi di Kolom Komentar..
(Auto Approve)